Home TEKNOLOGI TEKNOLOGI PERANCANGAN KAMUS BAHASA NGALUM
PERANCANGAN KAMUS BAHASA NGALUM
Friday, 26 April 2013 19:50

Oleh: Melkior N.N Sitokdana

Setiap budaya pasti memiliki caranya masing-masing untuk mengeskpresikan produk budayanya, ada yang melalui tulisan, gambar, tarian, benda seni, dan juga bahasa, bahasa sebagai alat komunikasi manusia yang utama, juga merupakan produk budaya. Suatu bahasa akan 'eksis' jika bahasa tersebut masih digunakan oleh kebudayaan tertentu. Menurut Profesor Universitas Nanzan Nagoya Jepang, Mikihiro Moriyama, menjadi orang yang multilingual memiliki banyak keuntungan, karena dengan mempelajari suatu bahasa, lambat laun seseorang dapat mempelajari budaya bangsa dimana bahasa itu berasal. Beliau juga menambahkan bahwa dengan mengenal, mempelajari dan menguasai lebih banyak bahasa adalah lebih baik. Sepakat dengan apa yang diungkapkan oleh Profesor Mikihiro, bahwa dari suatu aksara atau naskah kuno, kita bisa melihat dan belajar berbagai macam kekayaan budaya yang ada di dalamnya, baik itu gaya hidup, kesehatan, tuntutan manusia agar mencintai alam, dan sastra orang-orang masa lalu. Oleh karena itu, pembiasaan serta kesensitifan kita terhadap penggunaan bahasa daerah, mungkin setidaknya akan membantu terhadap ke "eksisan" dan "penjagaan" akan warisan budaya daerah. Siapa lagi yang akan menjaga warisan budaya dan bahasa bangsa selain kita sendiri (www.ghiefitria.blogspot.com).

Dengan demikian untuk menjaga warisan nenek moyang yaitu bahasa Ngalum, telah merancangan prototype software kamus bahasa daerah dalam bahasa Ngalum To Indonesia atau Indonesia To Ngalum sebagai peletakan batu pertama untuk muda-mudi Aplim Apom dapat berkreasi untuk melestarikan budayanya. Software bahasa daerah ini dapat memberikan informasi tentang tata bahasa daerah bagi semua kalangan yang ingin mempelajari bahasa daerah atau sebaliknya belajar bahasa Indonesia. Pada software kamus ini terdapat fitur tambahan yaitu kalkulator dan media player sehingga pengguna dapat belajar tata bahasa sambil menghitung atau mendengarkan musik. Software ini dibutuhkan pengembangan lebih lanjut terutama kosa kota dan pengembangan perangkat kamus digital (Elektronik) sehingga dapat menjawab kebutuhan konsumen. Dibawah ini dapat digambarkan diagram perancangan sistem dan gambar software kamus yang telah dibuat.

Gambar. 1 Diagram Sistem Software Kamus

Gambar. 2 Softare Kamus Bahasa Ngalum-Indonesia

Berdasarkan gambar software kamus bahasa Ngalum-Indonesia diatas dapat dijelaskan bahwa: tata cara pencarian kosa kata bahasa Ngalum adalah menuliskan keyword (kata kunci) yang ingin dicari, kemudian klik tombol ”Cari” maka secara otomatis akan diterjemahkan ke bahasa indonesia serta diskripsi/penjelasan dari kata yang dicari atau sebaliknya pencarian bahasa indonesia akan ditermahkan ke bahasa Ngalum. Sedangakan kalkulator dapat digunukan untuk menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Dan masih banyak hal yang perlu kita kembangkan terutama pelestarian budaya melalui produk-produk teknologi yang semakin canggih sehingga generasi yang datang tidak lupa diri sebagai Kaka Aplim Apom.

Share
 


Copyright by KOMAPO.