Home TEKNOLOGI TEKNOLOGI MENGENAL WEBMAIL
MENGENAL WEBMAIL
Thursday, 30 May 2013 04:06

Oleh: Melkior N.N Sitokdana

Perkembangan teknologi yang begitu pesat, akses informasi semakin cepat, tepat dan akurat.  Tanpa henti-hentinya perkembangan teknologi perangkat lunak, perangkat keras dan jaringan komunikasi semakin canggih sehingga pengguna dapat dimanjakan dengan  produk-produk yang lebih efektif dan efisien. Sejak hadirnya teknologi web, dunia semakin dekat tanpa mengenal waktu dan batas wilayah. Salah satu produk dari teknologi web adalah WebMail. Webmail adalah penggunaan email pada hosting dan domain, dengan nama dibelakang @ menggunakan nama domain. Ketika memiliki hosting dan domain, secara otomatis kita mempunyai Webmail, sehingga kita bisa dapat menggunakan nama domain organisasi atau pribadi. Misalnya di Universitas Gajah Mada, mahasiswa diwajibkan menggunakan fasilitas  e-mail kampus yang adalah webmailnya UGM, contohnya   This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it , atau pada Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga menggunakan This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it .

 

Pembuatan webmail bisa dibuat sendiri melalui fasilitas yang disediakan,  ataupun dibuatkan oleh administrator web melalui control panel pada web hosting. Berikut dapat dijelaskan cara membuat akun webmail melalui control panel.  Pertama-tama klik pada Email Accounts. Dapat  Lihat pada gambar dibawah bagian kiri. Setelah klik  akan tampil seperti pada gambar  bagian kanan,  pada field email ketik nama yang ingin dijadikan email, kemudian isikan kata sandi pada field password dan  inputkan ulang pada password field password (again), pada mailbox quatonya kita bisa manage sendiri tergantung kapasitas yang ingin digunakan. Klik Create Account, kita telah berhasil membuat e-mailnya.

 

Email  yang dibuatkan tersebut,  diberikan kepada client/user pemilik account tersebut, untuk masuk ke mail, ketik dibrowser www.namadomain/webmail, pada kasus ini menggunakan www.komapo.org/webmail. Kemudian akan tampil seperti gambar dibawah bagian kiri, isikan nama email   dan password yang diberikan/dibuatkan administrator. Kemudian klik login In dan akan tampilkan gambar seperti sebelah kiri gambar, ada tiga aplikasi mail yaitu; horde, roundcube dan squirrelmail, yang telah tersedia pada kebanyakan hosting, tinggal user memilih aplikasi yang ingin digunakan.

 

Share
 


Copyright by KOMAPO.