Home TEKNOLOGI TEKNOLOGI USULAN PENGEMBANGAN MEDIA LOKAL BERBASIS ELEKTRONIK DI PEGUNUNGAN BINTANG
USULAN PENGEMBANGAN MEDIA LOKAL BERBASIS ELEKTRONIK DI PEGUNUNGAN BINTANG
Friday, 27 May 2016 12:52

Penulis: Melkior N.N Sitokdana,. M.Eng

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang ditunjukkan dengan pesatnya perkembangan perangkat komputasi, telekomunikasi, jaringan Internet serta penggunaan yang semakin meluas di masyarakat telah mengubah pola-pola hidup manusia yang lebih mudah, murah dan cepat. Manfaat dari perkembangan ini merambah ke seluruh aspek kehidupan manusia dan telah terbukti mengefektifkan dan mengefisienkan aktivitas manusia apapun itu. Misalnya, dalam hitungan detik kita dapat mengakses informasi dan ilmu pengetahuan yang akurat dan terbaru dari belahan dunia manapun melalui internet, berkomunikasi dengan teman maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan memanfaatkan media sosial atau e-mail, melakukan transaksi barang dan jasa dari manapun dan kapanpun, belajar atau bekerja di rumah tanpa harus ke kantor, dan lain sebagainya. Dampak positif atas hadirnya TIK ini membuat manusia saat ini tergantung pada teknologi informasi dan komunikasi, bahkan informasi dijadikan sebagai kebutuhan pokok manusia secara individu maupun kelompok. Informasi bagi organisasi adalah salah satu asset penting yang sangat berharga bagi kelangsungan hidup organisasi, diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, tanpa informasi organisasi tidak dapat bertumbuh dan berkembang sesuai harapan.

Perkembangan ini telah membentuk manusia menjadi “manusia informasi”. Dengan sadar atau tidak sadar, dengan sengaja atau tidak sengaja setiap individu bertindak sebagai produsen maupun konsumen informasi apapun bentuk dan kebutuhannya. Manusia secara bebas menyampaikan informasi disaluran-saluran digital yang tersedia, misalnya bebas memposting informasi di blog, website ataupun dihalaman sosial media seperti facebook, twitter, line, dan sebagainya. Ketersediaan fasilitas ini terdorong oleh kebutuhan manusia akan informasi yang lebih cepat, tepat dan efisien tanpa dibatasi ruang dan waktu. Bahkan sekarang manusia dinilai memiliki kapasitas ketika seorang memiliki pengetahuan dan informasi yang banyak tentang perkembangan dunia, seperti yang diungkapkan oleh Alvin, Toffler (1928 - 1996) bahwa "Siapa yang menguasai Informasi maka akan menguasai Dunia".

Perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang pesat ini menjadi peluang dan sekaligus tantangan bagi organisasi media untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam memberitakan perkembangan pembangunan pendidikan, ekonomi, sosial, politik, kesehatan, hukum dan HAM. Tuntutan akan informasi yang cepat, akurat dan ekonomis ini menantang pekerja pers untuk adapatif terhadap tuntutan zaman. Dulunya informasi hanya diakses di media massa, sekarang bergeser lebih luas lagi menjadi media elektronik. Dengan saluran media elektronik informasi yang dibutuhkan adalah kecepatan. Jika tidak cepat, nilai informasi akan menurun bahkan menjadi basi dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Dampak dari perkembangan teknologi informasi, daerah-daerah yang awalnya terisolir dari informasi dan pengetahuan kini semakin terbuka, bahkan daerah yang tidak populer kini dikenal secara luas akibat pemberitaan melalui media-media elektronik. Tidak hanya tempat, media elektronik memainkan peran sentral dalam membesarkan atau mempopulerkan seseorang, baik itu pemimpin pemerintah, pemimpin politik, pemimpin perusahaan, pigur publik, masyarakat biasa, dan lainnya. Mereka yang terisolasi dari pemberitaan media akan dikucilkan dalam kehidupan sosial yang lebih modern ini. Oleh karena itu, menjadi suatu keharusan bagi semua pihak untuk mengeksplor segala sumber daya yang dimiliki untuk diberitakan melalui saluran-saluran informasi.

Kondisi objektif menunjukkan bahwa kabupaten Pegunungan Bintang masih terisolir dari akses informasi dan pengetahuan, sekalipun dalam skala kecil masyarakat sudah mulai turut ambil bagian dalam masyarakat informasi. Isolasi atas informasi ini membuat pemerintah daerah maupun masyarakat Pegunungan Bintang tidak maksimal dalam mengelola dan menyebarkan segala potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki. Kondisi ini dialami sejak kabupaten Pegunungan Bintang dimekarkan dari 2002 sampai dengan 2016 ini. Segala informasi tentang perkembangan pembangunan Kabupaten Pegunungan Bintang tidak terlalu tampak di media massa dan elektronik, walaupun ada banyak kemajuan pembangunan yang dicapai oleh pemerintah dan masyarakat. Hal ini menandakan bahwa Pegunungan Bintang masih terisolasi dari informasi dan pengetahuan yang terjadi di dunia, kondisi ini jika dibiarkan masyarakat maupun pemerintah daerah akan tertinggal dari perkembangan informasi dan pengetahuan yang tersedia cepat dan nilai informasi menurun terlalu cepat pula (basi).

Pemerintah daerah Kabupaten Pegunungan Bintang sudah sejak lama membangun situs resmi daerah dengan alamat www.pegbintangkab.go.id, namun sejauh ini belum optimal dalam menyediakan informasi tentang agenda pemerintahan dan pembangun daerah. Untuk itu dibutuhkan tatakelola yang baik, terutama dalam hal pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya manusia, sumber daya informasi, sumber daya materi dan sumber daya teknologi. Dengan langka tersebut diharapkan dapat memberikan service yang maksimal kepada publik.

Akan pentingnya informasi bagi kelangsungan kehidupan manusia masa kini maka perlu ada media lokal daerah berbasis elektronik untuk menjawab keterisolasian dan ketertinggalan informasi dan pengetahuan yang dialami oleh masyarakat Pegunungan Bintang selama ini. Tentu langka ini akan memberikan nilai tambah bagi pembangunan kabupaten Pegunungan Bintang, terutama segala potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia Aplim Apom diekspos melalui saluran-saluran elektronik. Dan juga media ini tentu akan mengkawal proses pembangunan Pegunungan Bintang dibawah pimpinan Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2016-2021 dan kabinetnya dari tingkat kabupaten hingga di kampung-kampung. Segala kebijakan dan strategi pembangunan selama kurun waktu lima tahun mendatang perlu tersalurkan melalui media untuk kepentingan konsumsi publik maupun untuk kepentingan akademik untuk mendukung proses pembangunan daerah. Tentu juga bahwa kepemimpinannya sangat penting dimata publik nantinya karena Bupati dan Wakil Bupati sekarang sebagai wujud eksistensi manusia Aplim Apom dimata dunia, sehingga apapun karya-karyanya sangat penting untuk dipublikasikan bahkan dipromosikan potensinya untuk masa depannya yang lebih luas.

Share
 


Copyright by KOMAPO.