Home SUARA PEREMPUAN SUARA PEREMPUAN MAHASISWA BERBUDAYA
MAHASISWA BERBUDAYA

Oleh Elka Mimin

Pengertian

Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi. (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1989) Mahasiswa adalah sekumpulan manusia intelektual yang akan bermetamorfosa menjadi penerus tombak estafet pembangunan di setiap daerah mapun negara, dengan itelegensinya diharapkan bisa mendobrak pilar-pilar kehampaan suatu daerah atau negara dalam mencari kesempurnaan kehidupan berbangsa dan bernegara, serta secara moril akan dituntut tanggung jawab akdemisnya dalam menghasilkan “buah karya” yang berguna bagi kehidupan lingkungan.

Mahasiswa sebagai pelaku utama dan agen perubahan agent of exchange dalam gerakan-gerakan pembaharuan memiliki arti yang sangat khusus yaitu sekumpulan manusia intelektual, yang memandang segala sesuatu dengan pikiran jernih, positif, kritis yang bertanggung jawab, dan dewasa. Secara moril mahasiswa akan dituntut tangung jawab akademisnya dalam menghasilkan “buah karya” yang berguna bagi kehidupan lingkungan masyarakat, bangsa dan negara. Edward Shill mengkategorikan mahasiswa sebagai lapisan intelektual yang memiliki tanggung jawab sosial yang khas. Shill menyebutkan ada lima fungsi kaum intelektul, yakni mencipta dan menyebar kebudayaan tinggi, menyediakan bagan-bagan nasional dan antar bangsa, membina keberdayaan dan bersama mempengaruhi perubahan sosial, dan memainkan peran politik.

 

Hak dan Kewajiban Mahasiswa

Hak Mahasiswa

Setiap mahasiswa mempunyai hak yang sama dalam hal menggunakan kebebasan akademik secara bertanggung jawab untuk menuntut dan mengkaji ilmu sesuai dengan norma dan susila yang berlaku dalam lingkungan akademik; memperoleh pengajaran sebaik-baiknya dan layanan bidang akademik sesuai dengan minat, bakat, kebenaran dan kemampuan; memanfaatkan fasilitas Universitas/Fakultas/Program Studi secara bertanggung jawab dengan peraturan yang berlaku dalam rangka kelancaran proses belajar mengajar; mendapatkan bimbingan dari dosen yang bertanggung jawab atas program belajar yang diikutinya dalam penyelesaian studinya; memperoleh layanan informasi yang berkaitan dengan program studi yang diikutinya serta hasil belajarnya; menyelesaikan studi lebih awal dari jadwal yang ditetapkan sesuai dengan persyaratan yang berlaku; memperoleh layanan kesejahteraan sesuai dengan ketentuan yang berlaku; memanfaatkan sumberdaya Universitas/Fakultas/Program Studi melalui perwakilan/organisasi kemahasiswaan untuk mengurus dan mengatur kesejahteraan, minat dan tata kehidupan bermasyarakat.; pindah ke Universitas lain atau Program Studi lain bilamana memenuhi persyaratan penerimaan pada Universitas atau Program Studi yang hendak dimasuki dan bilamana daya tampung Universitas atau Program Studi yang bersangkutan memungkinkan; ikut serta dalam kegiatan organisasi mahasiswa Universitas; dan memperoleh pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.

Kewajiban Mahasiswa

Setiap mahasiswa juga mempunyai kewajiban dalam menjalankan perkuliahan yaitu; ikut menanggung biaya penyelenggaraan pendidikan kecuali bagi mahasiswa yang dibebaskan dari kewajiban tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku; mematuhi semua peraturan/ketentuan yang berlaku di  Universitas/Fakultas/Program Studi; ikut memelihara sarana dan prasarana serta kebersihan ketertiban dan keamanan Universitas/Fakultas/Program Studi; menghargai dan mengamalkan  ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian; menjaga kewibawaan dan nama baik Universitas/Fakultas/Program Studi; menjunjung tinggi integritas pribadinya sebagai calon sarjana yang mengutamakan nilai, moral, kebenaran dan kejujuran intelektual. Menjaga dan mempertahankan ketertiban kampus guna terciptanya sarana kampus sebagai lembaga dan masyarakat ilmiah; melaksanakan tugas belajar baik kegiatan kurikuler  maupun ekstra kurikuler dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh tanggung jawab; dan berpakaian rapi, sopan serta bersikap dan bertingkah laku santun selayaknya seorang mahasiswa (sesuai aturan)

Berbicara tentang hak dan kewajiban, seorang mahasiswa terlebih dahulu harus melaksanakan kewajibannya dan kemudian mendapatkan haknya sebagai seorang mahasiswa. Mahasiswa sebagai kelompok terpenting dalam masyarakat yang memiliki kewajiban yaitu menuntut ilmu, menguasai ilmu dengan sungguh-sungguh agar menjadi seorang yang berguna yang mengaplikasikan atau mengembangkan disiplin ilmunya bagi lingkungan tempat di mana ia tinggal, mematuhi peraturan yang berlaku, sebuah peraturan yang tidak menyimpang dari ketetapan hukum-hukum Allah dan nilai-nilai, norma-norma yang ada, selain itu mahasiswa juga harus memainkan peranan penting sebagai pencetus perubahan dan revolusi. Saidina Ali k.w.j. berkata: “Bukanlah orang muda yang hanya mengatakan: ‘Ayahku begini!’ tetapi orang muda adalah yang mengatakan: ‘Ini Aku!’”.

Kata-kata di atas memberikan semangat bahwa seorang mahasiswa seharusnya memiliki prinsip yang kuat, mampu melakukan perubahan dan berani menegakkan kebenaran di atas sebuah kemungkaran, selain itu mahasiswa juga wajib melaksanakn Tridarma Mahasiswa, yaitu melakukan penelitian, pengabdian, dan pengajaran yang diawali dengan proses belajar yang sungguh-sungguh setelah mahasiswa ini belajar, apa yang ia dapatkan ia harus mengaplikasikannya di dalam kalangan masyarakat, bukan hanya belajar dan belajar saja. Berbicara tentang kewajiban mahasiswa, mahasiswa juga berhak mendapatkan hak yang diterimanya yaitu mendapatkan perlakuan yang sama dari pendidik tanpa memandang status sosial dari mahasiswa tersebut, apakah mahasiswa tersebut berasal dari kalangan menengah atas atau dari kalangan menengah bawah, mendapatkan ilmu, menerima dan dapat menggunakan sarana dan prasarana yang ada, mengemukakan aspirasinya tetap dengan sopan, dan mendapatkan pencerahan agama sebagai penyeimbang dalam menjalani kehidupan.

Tugas Tugas Utama Mahasiswa

Melestarikan budaya belajar

Apa itu belajar? Belajar adalah proses dari yang tidak tahu menjadi tahu sehingga berubahnya tingkah laku kearah yang positif secara terus menerus. Ada juga yang berpendapat bahwa belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan, sehingga belajar membutuhkan proses yang cukup lama . Apa itu budaya? Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi, sehingga disebut budaya. Jika dikatakan bahwa salah satu tugas utama mahasiswa adalah belajar berarti belajar itu harus menjadi salah satu hal yang terikat dalam batin dan jiwa si pembelajar (mahasiswa) tanpa adanya unsur paksaan dari orang tetapi harus punya dorongan dari diri mahasiswa tersebut, karena belajar merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipungkiri oleh seorang mahasiswa, mau atau tidak mau harus melestarikan kegiatan belajar dan membuat belajar menjadi salah satu kebudayaan atau motif hidup mahasiswa tersebut.

Melestarikan budaya disiplin (waktu)

Apa itu disiplin? Disiplin adalah kegiatan manajemen untuk menjalankan standar-standar organisasi. Secara etimologis, kata “disiplin” berasal dari kata Latin “deciplina” yang berarti latihan atau pendidikan kesopanan dan kerohanian serta pengembangan tabiat (Moekijat, 1987). Menurut Nitisemito, 1988 terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya perilaku disiplin kerja, yaitu tujuan pekerjaan dan kemampuan pekerjaan, teladan pimpinan, kesejahteraan, keadilan, pengawasan melekat (waskat), sanksi hukum, ketegasan, dan hubungan kemanusiaan. Jadi, disiplin bisa dikatakan suatu hal yang harus dilakukan oleh seseorang/mengatur diri sendiri dalam melaksanakan hal-hal tertentu. Sehingga jika salah seorang mahasiswa tidak mendisiplinkan dirinya dalam melaksanakan atau mengikuti proses belajar ia akan mengalami kekurangan satu/beberapa hal yang sebenarnya ia harus miliki sebagai seorang mahasiswa yang kritis, kreatif dan mampu merubah lingkungannya. Mahasiswa adalah agen perubahan, sehingga sangat diharapkan agar setiap mahasiswa bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat sesuai dengan disiplin ilmunya baik di dalam lingkungan kampus maupun di luar lingkungan kampus atau masyrakat.

Penulis Mahasiswi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas Kristen Satya Wacana

Salatiga

Share
 


Copyright by KOMAPO.