Home SOSPOL SOSPOL GENOSIDA STRUKTURAL ORANG INDONESIA BAGI ORANG PAPUA?
GENOSIDA STRUKTURAL ORANG INDONESIA BAGI ORANG PAPUA?
Tuesday, 20 March 2018 20:56

Oleh: Oksianus Bukega

Prolog

"Daerah penjajahan idealnya adalah nyawa orang-orang jajahan selalu menjadi sasaran dan motivnya adalah kaum jajahan itu diburu seperti buruan hingga tuntas habis." Konteks kalimat ini amat realistis di Papua. Sudah 50-an tahun Papua terintegrasi ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Namun, nyawa orang Papua masih menjadi taruan perebutan kedaulatan NKRI yang sesungguhnya? Hal ini perlu mendapatkan tanda tanya (?). Kedaulatan apa yang diinginkan oleh Negara Indonesia terhadap Papua.

Pantaskah nyawa menjadi taruan? Amat tidak insani bila label latarnya adalah nyawa orang Papua menjadi taruan untuk perebutan kadaulatan. Untuk merebut kadaulatan maka orang-orang awam, orang dengan penyamaran identitas/profesi dapat diperdayakan dan digunakan untuk menyelesaikan misi kedaulatan Negara. Model ini merupakan solusi terselubung yang digunakan oleh Negara untuk menghabiskan orang Papua. Untuk itu membongkar model bungkusan rantai sistemik genosida ini menjadi tugas/pekerjaan rumah dan tanggung jawab bagi orang Papua khususnya dan siapa pun dia yang simpati bagi orang Papua umumnya agar dilihat, dibongkar dan perlu diperdengarkan.

Label Eksekusi: Insiden hilangnya nyawa orang Papua yang tak bersalah. "Tidak perlu takut bila ingin menegakkan keadilan dan kebenaran di dunia dewasa ini." Kalimat bijak yang diketengakan pada kalimat pendahuluan ini memungkinkan pengambilan sikap insan dalam melihat segala dinamika persoalan yang terjadi dalam perkembagan dunia dewasa ini, khususnya persoalan di Papua.

Menghilangkan nyawa orang Papua dahulu hingga kini dan mungkin akan terjadi merupakan suatu label eksekusi negara. Motivnya terlihat dalam pembungkaman tindakan realita kaum awam dan penguna profesi. Misalanya, penjual warung-warung makan gadungan, penjual miras gadungan, penjual obat-obatan terlaran, dll (kaum awam); supir taxi rental gadungan, dokter gadungan, guru gadungan, pemilik tokoh gadungan, dll (penyamar profesi) merupakan motiv yang diterpkan oleh negara.

Persoalan Papua terbongkar seketika: Persoalan Papua selalu terbongkar seketika lalu terbungkus kembali lagi. Persoalan di Papua terjadi demikian. Substansi soal diungkapkan secara terang benderang tetapi masih terbungkus rapih dan sekaligus disembunyikan.

 

 

Share
 


Copyright by KOMAPO.