Home RESENSI RESENSI KINI HADIR BUKU BARU, PERGESERAN DARI PEMERINTAHAAN KAMPUNG TRADISIONAL (AP IWOL)
KINI HADIR BUKU BARU, PERGESERAN DARI PEMERINTAHAAN KAMPUNG TRADISIONAL (AP IWOL)
RESENSI

Pemerintahan adat setiap suku bangsa di dunia memiliki bentuk dan cirri-cirinya yang khas. Pemerintahan adat yang dimiliki proses tahirnya dipengaruhi oleh perubahan peradaban manusia dalam berbagai dimensi kehidupan. Tatanan hidup masyarakat Pegunungan Bintang sejak dahulu bersumber dari Ap Iwol. Menurut cerita sejarah secara lisan dari orang tua, tokoh adat, dan beberapa sesepuh, Ap Iwol merupakan sebuah hasil ciptaan Atangki ( Atangki: Dalam bahasa suku Ok/Ngalum, artinya Tuhan Allah) yang diwariskan sebagai dasar hidup bagi orang Pegunungan Bintang.

Ap Iwol memiliki banyak fungsi. Secara umum Ap Iwol melambangkan seorang ibu, yaitu Ap Iwol dapat memberikan unsur kehidupan bagi anggotanya, Ap Iwol dapat memberikan unsur keamanan dan kenyamanan dari segala macam hambatan, bahaya, tantangan, dan lai-lain. Ap iwol melambangkan tempat berkomunikasih dengan Atangki (Tuhan Allah). Ap Iwol dikenal sebagai pusat penyelenggaraan pemerintahan adat. Dan lain-lainya.

Beberapa akademisi ( tim dosen APMD; 2010) menyatakan bahwa Ap Iwol merupakan sebuah lembaga pemerintahan kampong tradisional yang ada di Kabupaten Pegunungan Bintang sebelum adanya pemerintahan desa modern. Dalam bukunya yang berjudul “ Menuju Otonomi Desa” wakil Rektor III Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “ APMD” Drs. YB. Widyohari M., M.Si mengunkapkan bahwa keberadaan kampong-kampung di Kabupaten Pegunungan Bintang tidak terlepas dari sejarah peradaban masyarakat Pegunungan Bintang. Masyarakat Pegunungan Bintang telah lama hidup dalam sebuah sistem pemerintahan yang bersifat tradisional yaitu sistem pemerintahan Ap Iwol.

Ap Iwol bukan hanya dipandang sebagai seorang ibu, bukan hanya dipandang sebagai tempat pelaksanaan pendidikan pendewasaan anak tetapi lebih dari itu dipandang sebagai sebuah lembaga yang secara sistematis membangun manusia Aplim Apom dalam segala dimensi kehidupan. Pemerintahan adat (Ap Iwol) memiliki peran penting dalam kehidupan ekonomi, budaya, sosial politik, pertahanan dan keamanan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Pegunungan Bintang. Semua kepentingan politik, sosial, ekonomi dan berbagai macam kepentingan dirumuskan dan direncanakan di dalam Ap Iwol. (Ferdinan Z Bamulki)

Share
 


Copyright by KOMAPO.