Home RESENSI RESENSI RELAH DIPOTONG TUBUHNYA DEMI KEMERDEKAAN SKOTLANDIA
RELAH DIPOTONG TUBUHNYA DEMI KEMERDEKAAN SKOTLANDIA
RESENSI

Beberapa tahun kemudian, Raja Longshanks Edward, mengawasi pernikaan putra sulungnya. Yang akan menggantikan takhtanya. Untuk menjadi pengantinnya raja memilih putri dari saingannya. Raja dari perancis.

Desas sesus yang menyebar kala itu adalah agar sang putri hamil. Karena sang putri belum membuahkan hamil.

Pada saat itupula pihak kerajaan Inggris membicarakan menyangkut persoalan perancis kerja sama dengan Skotlandia. “Perancis akan merendakan diri kepada siapa yang memiliki kekuatan kekuatan. Tapi bagiaman mereka akan mempelajari kekuatan kita’ kata raja.

Bangsawan skotlandia memberikan tanah kepada Perancis untuk sebagai kerja sama bidang ekonominya, imbalannya berupa harta kekayaan serta membayar pajak kepada bangsawan Skotlandia.

Di Edinburgh, salah satu kota di bagian Skotlandia, dikumpulkan dewan bangsawan Skotlandia, salah satunya Robet Erland Bruce 17 Tahun. Lawan termuka untuk mahkota Skotlandia.

50 orang petani dari salah satu lembah di Skotlandia bangkit berperang melawan tentara kerajaan inggris. Tanpa kaum bangsawan Skotlandia, mereka bangit berperang.

Dibawah pimpinan Raja William, 50 petani tersebut menaklukan dua pos penjagaan. Tentara kerajaan dibunuh dan pos tersebut dibakar. Informasi ini telah sampi di raja di kerjaan Inggris. Raja menyiapkan pasukan kerajaan terbaiknya untuk berperang.

Menurut para informan kaum petani, Inggris sedang bergerak maju. Para tentra menujua Stirling.

Selain itu, kaum bangsawan Skotlandia, Robert Bruce dan sebagian besar lainnya berkomitmen untuk tidak akan berperang. Namun kabar lain bahwa di daerah pegunungan Skotlandia datang ribuan orang untuk berperang.

Stirling menjadi tempat berperang. Pasukan Inggris telah bergerak ke Stirling dilengkapi dengan 300 tentara kuda, ratusan pemanah pemanah dan pasukan darat yang lebih besar.

Para bangsawan Skotlandia pada saat itu (Stirling) berkomitmen untuk bernegosiasi untuk hentikan perang ini.

Melihat lebih banyakknya tentara Inggris, sebagian petani yang tergabung dalam kum bangsawan Skotlandia untuk berperang kini pulang.

Kaum bangsawan gugup akan perang ini dan rencana negosiasi, pasukan William datang. Pasukan wiliam tidak sampai 50 orang.

Sebagian warga ingin pulang karena tentara inggris lebih besar, namun William berkitmen kita akan berperang. Karena mereka (inggris) menindas kita, mmebunuh para laki laki, memperkosa para perempuan, mengambil tanh dan kekayaan kita. Dimana kehormatan kaum bangsawan Skotlandia.

Saya hadir sini untuk menentang kelaziman. Berperang melawan Inggris untuk membunuh mereka, menghabisi mereka, seperti mereka memperlakukan bangsa Skotlandia.

Kalian datang ke Stirling ini untuk beperang. Kalian datang untuk berperang sebagai manusia bebas. Dan kau adalah orang yang merdeka. Apa yang kalian lakukan untuk kebebasan itu? akankah kalian akan bertarung? Kalian berlari dan tetap hidup tapi kalian akan mati di tempat tidur mu. Mulai dari sekarang sampai selamanya.

Apakah kalian bersedia untuk diperdagangkan setiap hari mulai dari sekarang untuk itu. untuk satu kesempatan, hanya untuk satu kesempatan, untuk kembali ke sini untuk mengatakan kepada musu musu kita bahwa mereka akan mengambil hidup kita. Tetapi mereka tidak akan pernah mengambil kebebasan kita.

Itulah kata-kata terakhir sebelum berperang melawan tentara kerajaan Inggris. Di Stirling menjadi perlawan sengit. Akhirnya dalam pertandingan tersebut dimenangkan oleh Skotlandia.

Setelah memenagkan perang tersebut, kaum bangsawan Skotlandia memberikan hadia. Dia diangkat menjadi Panglima, namun sebagian pihak bangswan dari Pegunungan mendesak untuk segera memilih raja bagi mereka, namun sebagian menolak atas usul itu. Debat semakin sengit dalam ruangan itu.

Ia mengatakan kepada mereka bahwa kami mengalahkan inggris tapi mereka akan kembali dengan sejumlah bala tentara yang banyak. Oleh karena demikian saya ke Inggris, ke tanah mereka untuk mengalahkan mereka di sana.

Para kaum bangsawan Skotlandia mengurus mereka sediri, hanya untuk jabatan dan makan sehari. Aku kira jabatan mu ada untuk mengurus orang orang dengan kebebasan, dan aku pergi untuk memastikan bahwa mereka memilikinya.

Mereka menolak maju berperang ke Inggris karena kaum bangsawan membagi harta, membagi jabatan, dan sellau negosasi dengan pihak kerajaan inggris. Jika Anda mmebuat musu diantara kaum bangsawan dengan kerjaan Inggris, Anda akan berakhir mati.

Gelar mu memberikan mu penghormatan tetapi orang tidak mengikuti gelar. Mereka mengikuti keberanian. Sekarang orang kami mengenal kamu, orang orang bangsawan mengenal kamu dan jika kau akan hanya pimpinlah mereka untuk kebebasan, mereka akan mengikutimu.

Pasukan Wiliam bergerak menuju salah satu kota perbatasan milik kerjaan Inggris dan memenagkan. Kota itu adalah York. Bebera hari setelah menang Wiliam pergi kaum bangsawan Skotlandia untuk meminta pasukannya agar bersatu berperang melawan ingris.

Namun mereka tetap tolak. Kum bangsawan berdiam diri di istana, menjaga jabatannya, menghambur-hamburkan harta bendanya yang didatangkan dari kerajaan Inggris. Mereka membiarkan para Petaninnya berperang melawan tentara Inggris dan mereka mampu mengalahkan tentara Inggris di Stirling, namun kaum bangsawan tidak mau bergabung untuk berperang.

Selain itu para petani tersebut memenagkan di York, tapi kaum bangsawan berdiam diri. Dan kalian tidak akan mendukung kita, jika lain tidak berdiri dengan kami sekarang, maka aku katan kalian pengecut” kata William.

Dan jika kalian adalah pria Skotlandia, aku malu menyebut driku salah satunya.

Perang besar yang ketiga di kota Falkirk. Sebelum berperang pasukan kerajaan Inggris membuat taktik diantarnya kerja sama dengan kaum bangsawan Skotlandia. Dalam perang tersebut dimenangkan oleh Inggris.

Pad saat berlangsungya perang sebagian dari pasukan bangsawan meninggalkan medan perang itu. Hanya tinggal bebera kaum petani yang menghadapi dengan tentara kerajaan, dan akhirnya dimenangkan oleh Inggris.

Persengkongkolan atas perang di Falkirk banyak korban jiwa, ribuan nyawa hilang pada perang tersebut, banyak orang berlumuran darah, banyak istri dan anaknya ditinggalkan menderita kelaparan akibat perang. Akhirnya di istana kaum bangsawan rapat dan membuat jebakan supaya William ditangkap.

Akhirnya jebakan itu terbukti, para kaum bangsawan memanggil William untuk ke Istana dan pada akhirnya para tentara kerajaan Inggris mampu mengkap William dan di bawa ke Inggris.

Di Inggris dia di siksa, dianiaya sampai digantung dan berbagai jenis siksaan dilakukan. Dihadapan ribuan rakyat Inggris mereka mengolok-olok menghianati dia. Sebelum dipotong kepalanya William mengatakan Freedom (Merdeka). Pada akhirnya mereka penggal kepalanya.

Ia merelahkan dirinya, tubuhnya dipotong demi kemerdekaan Skotlandia. Setelah pemenggalan itu, tubuh William Wallace terpotong menjadi beberapa bagian, kepalanya diletakan di jembatan London, lengan dan kakinya di kirim ke empat penjuru Britania sebagai peringatan.

Beberapa hari kemudian Robert The Bruce berkuda ke tentara inggris untuk membayar penghormatan ke tentara Inggris dan menerima pengormatan takh tahnya.

Namun dia Bangkit melawannya. Dan pada Akhirnya di tahun kerajaan Skotlandia yang ke 1314, para Ksatria Skotlandia kelaparan dan kalah menyerang tanah lapang Banockburn, mereka berjuang seperti penyair pahlawan, mereka bertarung seperti laki-laki Skotlandia dan memenangkan kemerdekaan mereka.

Setelah kekalahan itu, secara resmi Kaum bangsawan Skotlandia dan wilayahnya menjadi kekuasan wilayah kerajaan Inggris sampai sekarang ini.

Selama bertahun-tahun lamanya dibawa kekuasaan Inggris, kini pada tahun 2013 pemerintah kerjaan Inggris melalui perdana menteri Inggris memberikan angin segar bagi mereka untuk kemerdekaan Skotlandia.

Rencananya referendum Skotlandia akan dihelat pada 18 September 2014 mendatang. Sebelumnya, Irlandia adalah negara pertama yang berpisah dari Inggris raya sejak tahun 1916, bahkan langkah lebih ekstrim lagi dilakukan oleh Irlandia dengan berpisah dari persemakmuran Inggris pada tahun 1949.

Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Kepala Pemerintahan Skotlandia Alex Salmond, Senin (15/10/2012), menandatangani kesepakatan mengenai referendum yang dapat mengarah pada kemerdekaan Skotlandia, Seperti dilansir Okezone.com.

Mereka menandatangani kesepakatan itu di Edinburgh, ibu kota Skotlandia. Kesepakatan tersebut merumuskan berbagai rincian bagi referendum pada 2014 yang akan menentukan apakah Skotlandia akan menjadi negara merdeka atau tetap berada dalam lingkungan Kerajaan Inggris.

"Ini merupakan hari bersejarah bagi Skotlandia," kata Salmond yang tampak bersemangat setelah menandatangani kesepakatan itu. "Apakah saya berpikir kami bisa memenangkan kampanye ini? Ya, saya pikir begitu."

Inggris juga khawatir dengan masa depan armada kapal selam nuklirnya yang berbasis di Skotlandia. Salmond telah mengatakan bahwa tidak akan ada tempat bagi senjata nuklir di wilayah Skotlandia setelah kemerdekaan terwujud. Persoalannya, memindahkan armada kapal selam nuklir itu ke tempat lain akan berbiaya mahal dan memakan waktu.

seperti dilansir di beberapa media, sebuah jajak pendapat oleh Comres untuk ITV News menemukan bahwa hanya 34 persen yang mendukung kemerdekaan dan 55 persen responden setuju ekonomi Skotlandia akan menderita jika menjadi sebuah negara merdeka.

Inggris dan Skotlandia disatukan lewat sejumlah perjanjian yang disahkan tahun 1707. Inggris Raya saat ini mencakup Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.
Perkembangan terbaru di Skotlandia itu mendorong semangat pemisahan di wilayah Eropa lainnya, seperti di Catalonia dan Flanders yang merasa bahwa mereka bisa lebih makmur jika berdiri sebagai entitas terpisah di dalam Uni Eropa.

Kita tunggu hasil pemungutan suara pada tanggal 18 September 2014 mendatang. Apakah rakyat Skotlandia memilih merdeka atau memilih tetap bersama Inggris. Jika sebagian besar rakyat memilih Ya maka ratusan tahun dibawa kekuasan Inggris menjadi kenangan cerita dan sejarah menuju peradaban baru.

Fransiskus Kasipmabin adalah mahasiswa Papua Kuliah Di Yogyakarta, Resensi Film, Tulisan Ini Ditulis setelah menonton Film berjudul BreaveHeart

Share
 


Copyright by KOMAPO.