Home RESENSI RESENSI SEJARAH NAMA PAPUA & ASAL USUL MANUSIANYA [DARI PENEMUAN KE PERADABAN, DARI GEREJA KE POLITIK]
SEJARAH NAMA PAPUA & ASAL USUL MANUSIANYA [DARI PENEMUAN KE PERADABAN, DARI GEREJA KE POLITIK]
RESENSI

Buku dengan judul SEJARAH NAMA PAPUA & ASAL USUL MANUSIANYA, Dari Penemuan ke Peradaban, Dari Gereja ke Politik yang ditulis Melkior Nikolar Ngalumsine Sitokdana ini merupakan salah satu buku langkah yang ditulis oleh penulis orang asli Papua. Buku yang berisikan sejarah nama Papua, asal usul manusianya serta sejarah pekabaran Injil Kristus oleh Gereja di tanah ini dan napak tilas sejarah perjalanan Papua dalam kanca politik kepentingan berbagai pihak ini diuraikan dengan mengacu pada beberapa referensi ilmiah.
Buku ini berisikan hal-hal yang berhubungan dengan Sejarah Papua, namun penulis buku ini bukanlah seorang ahli sejarah atau ahli antropologi. Penulis muda usia yang sedang menjadi tenaga dosen di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah ini merupakan Sarjana Komputer sehingga ia menggunakan kemampuan ilmu jelajah dunia maya (internet) untuk mengeksplorasi data-data kepustakaan, baik dengan menggunakan perangkat lunak (internet) maupun perangkat keras (perpustakaan manual) untuk mengulas sejarah proses terjadinya nama Papua dan juga awal mula penyebaran suku-suku bangsa asli Papua di pulau ini serta sejarah penyebaran Gereja-Gereja di Tanah Papua yang kemudian berdampak pada terjadinya penciptaan suatu kondisi politik oleh berbagai pihak yang memiliki kepentingannya.
Meskipun demikian, buku ini bisa dijadikan sebagai salah satu referensi, baik sebagai bahan pendalaman maupun sebagai acuan penelitian historis dan antropologis bagi para ahli sejarah, ahli antropologi, mahasiswa jurusan sejarah, mahasiswa jurusan antropologi ataupun juga umumnya bagi mereka yang berminat untuk memahami Sejarah Papua.
Buku ini juga dapat dipelajari, didalami dan diperbaiki oleh para pihak yang berkepentingan dalam dunia pendidikan serta dapat mengadopsinya sebagai suatu referensi untuk merancang Kurikulum Pendidikan yang dapat diajarkan di sekolah-sekolah di Tanah Papua.

Share
 


Copyright by KOMAPO.