Home RESENSI RESENSI STRATEGI PEMBANGUNAN PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK [SEBUAH LANGKAH UNTUK MEWUJUDKAN PAPUA BANGKIT MANDIRI DAN SEJAHTERA]
STRATEGI PEMBANGUNAN PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK [SEBUAH LANGKAH UNTUK MEWUJUDKAN PAPUA BANGKIT MANDIRI DAN SEJAHTERA]
RESENSI

Pemerintah Provinsi Papua selama ini membangun e-Government untuk kepentingan pelayanan publik dan administrasi pemerintahan, namun dalam implementasinya masih dijumpai ketidakefisienan dan ketidakefektifan penyelenggaraan pemerintahan karena belum adanya rencana strategis yang tepat. Untuk itu, Buku ini mengkaji dan merekomendasikan Roadmap Pengembangan e-Government untuk tahun 2015 sampai dengan 2025.

Metode analisis yang digunakan dalam buku ini adalah analisis PEST (Politik, Ekonomi, Sosial dan Politik), analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats), analisis Zachman Framework digunakan untuk memetakan perspektif pimpinan dari level atas, level menengah dan level bawah di lingkungan pemerintahan. Dalam Framework Zachman dilakukan juga pemetaan portofolio sistem informasi menggunakan tools McFarland Strategic Grid untuk menentukan prioritas dan merumuskan urutan sistem informasi yang harus dikerjakan.

Dalam buku ini penulis merekomendasikan 47 (empat puluh tujuh) sistem informasi atau aplikasi e-Government untuk dibangun dalam jangka waktu 10 (sepuluh) tahun, yaitu dari tahun 2015 sampai dengan 2025. Selanjutnya dalam implementasi direkomendasikan untuk melakukan manajemen perubahan agar pembangunan, pengembangan dan pemanfaatan e-Government dapat berhasil dan tepat sasaran.

Buku ini sangat perlu dibaca oleh para pengambil keputusan dalam pemerintahan, terutama yang berkaitan langsung dengan pemberian layanan kepada masyarakat. Memang buku ini ditujukan untuk Pemerintah Papua. Namun, karena pendekatan-pendekatan yang digunakan oleh Saudara Melkior adalah pendekatan-pendekatan ilmiah, maka dapat dipakai juga oleh pemerintah-pemerintah di daerah lain.

Share
 


Copyright by KOMAPO.