Home RENUNGAN RENUNGAN TUJUH LANGKAH MEMBANGUN JATI DIRI
TUJUH LANGKAH MEMBANGUN JATI DIRI

Panulis Bryan Sevianus Urwan

Percaya diri menurut kamus Longman dictionary disebut self-confident, merupakan kata sifat yang memiliki makna “ sure that you can do things well, that people likes you ,that you are attractive etc and not shy or nervous in social situation “. Di zaman ini percaya diri identik dengan PD yang dimaksudkan adalah percaya diri. Setiap orang di muka bumi ini memiliki masalah percaya diri. Banyak ahli psikolgi dan antroplogi di dunia mencoba memberikan definisi tentang apa yang disebut dengan percaya diri tadi, namun kita mengambil kesimpulan bahwa sebenarnya percaya diri atau self-confident merupakan suatu power atau kekuatan yang diberikan Tuhan kepada setiap pribadi manusia untuk menerima diri sebagai bentuk penghargaan terhadap pencipta.

Beberapa tahun terakhir ini kita diperhadapkan dengan kepintaran dan inovasi teknologi yang sangat maju dan berkembang pesat. Instan, gratis dan serba mudah menjadi gaya hidup, orang tidak mau bekerja susah payah untuk memenuhi hidup, teknologi dan ilmu pengetahuan memudahkan orang semakin pintar, cerdas dan genius. Namun krisis percaya diri tetap saja melanda di setiap pribadi layaknya krisis ekonomi dunia. Kebanyakan orang berusaha ekstra keras mencari jati diri atau percaya diri agar bisa menjadi orang yang penuh karismatik, berani di depan publik dengan penampilan yang brilliant. beberapa jam atau hari saja orang bisa mendapatkan percaya diri itu , tapi berikutnya pudar sebab timbul kekhawatiran dan banyak faktor menyertainya. Seorang penusli buku terkenal Amerika-Jerry Bridges dalam bukunya yang berjudul “ Harta terpendam” mengatakan, kalau saudara-saudari tidak percaya diri, kemungkinan besar Roh Kudus belum hidup dalam diri anda, sebab Roh Kudus bukan Roh ketakutan”.

Kebanyakan ahli psikologi di luar sana mengadakan program-program guna mengajar, memberikan tips-tips praktis sebagai solusi bagi orang-orang yang mengalami depresi, kurang percaya diri, hilangnya jati diri. Di lain pihak mereka berhasil mengubah orang-orang demikian, namun mereka tidak dapat mengubah suasana hati orang-orang itu yang paling dalam. DI lain pihak , orang berpikir bahwa menyelesaikan kuliah dalam gelar professor atau master dalam ilmu tertentu dapat meningkatkan percaya diri agar bisa menjadi figure terkemuka, dihormati, dan dieluk-elukan di maasyarakat. Namun pada kenyataannya, justru orang yang eksklusif seperti orang Farisi zaman dahulu, berusaha mencari kehormatan. Banyak fakta membuktikan bahwa masalah percaya diri ibarat monster yang tidak dapat kita hindarkan . Apakah kita menyalahkan diri bahwa kita adalah manusia yang tidak sempurna ? Lalu kita sering mengatakan kita diciptakan Tuhan serupa( sama) dengan gambar-Nya. Kita selalu menjadi orang-orang yang selalu bolak- balik fakta kebenaran yang ada. Kadang kita bicara benar, tetapi di sisi lain kita menuduh diri sendiri. Akibat dari itu percaya diri kita masih simpang siur dan sulit sekali kita menemukan percaya diri yang Tuhan taru dalam hidup kita.

Kala begitu, apa yang kita lakukan guna meningkatkan citra diri kita? Berikut ada 7 ( Tujuh ) langkah yang perlu kita ketahui bersama guna meningkatkan citra diri :

1. 1. MEMERIKSA NILAI SEJATIMU( EXAMINE YOUR TRUE VALUE )

Segala sesuatu harus dimulai dari diri sendiri. Nilai sejati yang dimaksud di sini adalah kasih sayang, kejujuran, loyalitas, rajin, berbuat baik, senyum, kerapian. Nilai sejati kita bukan nilai IPK, Nilai Rapor atau Juara nasional, atau gelar sarjana. “ The world is your mirror and it reflects back your attitude towards him( Dunia dalah cermin anda, dunia akan merefleksikan bagimana sikap anda kepad adunia) -Darmadi Darmawangsa

2. 2. JANGAN MEMBANDINGKAN DIRIMU DENGAN ORANG LAIN ( DO NOT COMPARE TO OTHERS )

Kita cenderung membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Kita menganggap diri tidak bisa pintar seperti dia dana banyak melihat kelebihan-kelebihan, prestasi, talenta yang dimiliki orang lain dan kita merendahkan diri. Dalam segi fisik, kita kadang berpikir, saya ini tidak ganteng, tidak cantik, kulit saya hitam dan banyak menuduh diri akibat terlalu banyak berpikir tentang diri kita. Setiap hari kita mengucapkan dengan lantang’ “ berpikr Positif” tapi kita pastikan benarkah berpikir positif itu sudah melekat diri kita.-“ I never wanted to be the next Bruce Lee. I just want to be the first Jackie Chan “

3. 3. PROGRAM ULANG PIKIRANMU TIAP HARI ( RE-PROGRAMMING YOUR MIND EVERY DAY )

Install ulang pikiranmu dengan hal-hal yang positif, buang segala potensi yang membautmu tertudu, murung, dan persasaan negatif lainnya.” When patterns are broken, new world emerge “( Ketika pola-pola dihancurkan dunia yang baru muncul)-Tuli Kepterberg.

4. 4. CIPTAKAN LINGKUNGAN YANG POSITIF DAN BERTEMAN DENGAN SEHAT ( CREATING POSITIVE ENVIRONMENT AND MAKE A GOOD FRIENDSHIP WITH TRUE FRIENDS )

Kalau kita hidup dalam lingkungan orang-orang yang suka mengeluh, pesimis, kacau balau, dan tidak kondusif, itu bisa berdampak pada mindset kita tentang percaya diri. Kalau kita berteman dengan teman-teman yang punya pengaruh negatif, kita tidak pernah menemukan jati diri yang sesungguhnya, kita hanya budak semata karean ikuti sistem dan aturan ingin diterima dalam kumpulan atau komunitas tertentu. Pastikan dengan siapa kita bergaul sebab pergaulan sangat mempengaruhi karakter kita dan perlu ketahui bahwa karakter yang baik bisa merusak akibat pergaulan yang buruk.

“ The only opinion about your dream that realy count is your. The negative comments of others merely reflect their limitation-not yours (Pendapat tentang mimpi anda yang benar-benar diperhitungkan adalah pendapat anda sendiri. Pendapat negative dari orang lain menggunakan keterbatasan mereka –bukan keterbatasan anda).

5. 5. INGAT KEBERHASILAN ANDA DI MASA LAMPAU ( REMEMBER YOUR PAST SUCCESS)

Hal ini berarti bahwa bukan menghitung sejumlah pengalaman pahit yang pernah kita alami di masa lampau , melainkan ingatlah keberhasilan-keberhasilan yang bukan hanya membanggakan tetapi keberhasilan yang memberikan nilai lebih yang pernah kita dapatkan di masa lampau kita. Renungkan sejenak kesuksesanmu yang sederhana di masa lampau tapi membuatmu percaya diri dan spektakuler-“ what you get by reaching your destination is not realy as important as what you will become by reaching your destination” ( Apa yang anda dapaatkan dengan meraih tujuan anda tidak terlalu penting jika dibandingkan dengan menjadi orang seperti apa diri anda dengan meraih tujuan anda tersebut )-Zig Ziglar

6. 6. BICARA POSITIF KEPADA DIRI SENDIRI ( TALK POSITIVE TO YOURSELF )

Jika anda terlalu mengecap diri dengan slogan-slogan yang memojokan, menghina, dan mengasingkan dirimu sendiri, kemungkinan besar sulit sekali menerima diri dan puas terhadap diri sendiri. Terlalu sering berpikir dan berkata negative tentang diri sendiri merupakan cerminan yang sebenarnya tentang pribadi itu sendiri. Misalnya, saya tukang mabuk, saya pemarah, tidak pintar, tidak ganteng seperti pemain sinetron India Zharuck Khan, dan lain-lain. Kalau kita bangun pradigma-pradigma semacam ini, perlu sadari bahwa itu penyakit yang mematikan, segera bertindak dan selalu berkata” saya pemenang sejati bukan pecundang, saya pintar seperti orang lain, saya seorang yang penurut, loyal dan lain-lain. Ucapkan kata-kata yang positif setiap hari minimal 5 kata kalau sanggup sampai dua puluh kata. Jangan-jangan kita update status facebook isinya kata-kata yang penuh kuasa galau, stress dan banyak mengeluh, singkirkan dan mulai berkata positif tentang dirimu sendiri-“ If you ever dream of beating me, you, better make up and apologize –am a greatest of all time” ( Jika anda bermimpi mengalahkan saya, lebih baik anda bangun dan meminta maaf- Sayalah yang terbaik sepanjang waktu)- Mohamad Ali

7. 7. BERTINDAK –BERTINDAK –BERTINDAK ( ACTION –ACTION ACTION )

Kalau kita tidak pernah melangkah , segala idealisme, rencana, sistem yang kita bangun, tidak pernah menghasilkan sesuatu. Orang memiliki visi tapi tidak pernah bertindak, sama saja omong kosong belaka. Orang bijak –Salomo mengatakan saudara tidak pernah meyakinkan orang lain, jika saudara tidak memiliki keyakinan yang kokoh dan tidak bertindak sebab orang yang tidak bertindak adalah seorang pemalas dan tangan orang malas membawa kemiskinan.

Kita tidak pernah menuduh satu sama lain ketika kita berbicara tentang kebenaran sejati . Kebanyakan dari kita terlihat orang yang gagah berani, pemimpin karismatik, senioritas berwibawa, yunioritas loyal dan ambisius, namun masalah percaya diri selalu menjadi penghalang ketika kita berlari mencapai suatu tujuan yang kita impikan. Ini bukan kutipan biasa, tetapi penulisan artikel semacam ini merupakan kesaksian, kumpulan fenomena berdasarkan pengaman dan pengamatan. Lakukanlah tujuh langkah ini dengan penuh iman, penulis yakin anda menjadi orang yang hebat dan brilliant. Perlu digaris bawahi bahwa perubahan bisa terjadi jika Tuhan menyertai dan ketika kita menrima Tuhan sungguh-sungguh dalam hisup kita, pasti kita berubah dan percaya diri akan terjadi sebab Roh kudus menyertai kita. Ingat bahwa Roh Kudus bukan roh penakut, bukan Roh minder. Semoga artikel dan kesaksian ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Share
 


Copyright by KOMAPO.