Home PENDIDIKAN PENDIDIKAN MUSUH DARI BAHASA
MUSUH DARI BAHASA
Sunday, 20 March 2016 10:24

Oleh: Andir Meku

Saya percaya musuh terbesar ada di kampusku. Mempertemukan dengan orang yang tak kenal dalam bahasa yang berbeda di lingkungan kampus. Dia memiliki kapasitas yang berbeda dari cara hidup, cara berpikir dan cara bertindak. Saya juga hadir dari latar belakang yang berbeda dan bahasa yang berbeda pula. Bahasa yang saya gunakan dia tidak mengerti, demikian pula dengan bahasanya. Ketika saya maju untuk menyampaikan gagasanya di depannya, dia tidak memahami apa yang disampaikan, demikian pula sebaliknya. Sehingga bahasa merupakan aspek fital dan sangat mempengaruhi kehidupan kita. Jika kita tidak mengerti apa yang di sampaikan oleh lawan bicara kita. Kita harus sabar, setia untuk mendengarkan dan “menyimak” supaya apa yang kita sampaikan bisa menerima.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonenesia belajar yang baik adalah bahasa yang benar dan santun (Pragmatik dan Morfologi). Bahasa yang baik, benar dan santun yang dimaksud adalah apa yang di sampaikan oleh penutur atau penulis bisa dimengerti oleh pembaca atau pendengar. Bahasa yang benar belum tentu baik, ketika bahasanya itu diungkapkan dengan tidak santun, walaupun itu maksudnya penutur itu benar. Adapun Bahasanya yang baik tetapi tidak benar itu jadi masalah tersendiri antara pendengar, pembaca baik itu dalam penyampaian langsung maupun tak langsung. Sebaliknya bahasa yang santun tetapi bahasanya tidak baik atau benar maka tidak akan berguna bagi pendengar ataupun pembaca. Oleh karena itu gunakan bahasa yang baik, benar dan santun.

Hal yang harus di perhatkan dalam berkomunikasi adalah vokal dan konsonan. Vokal adalah bunyi bahasa yang arus udaranya tidak mengalami rintangan dan kualitasnya ditentukan oleh tiga faktor, yaitu tinggi rendahnya posis lida (tinggi, sedang, rendah) bagian lida yang dinaikan (depan, tengah, belakang ) dan bentuk bibir pada pembentukan vokal”vokal bundar atau bukan” sedangkan konsonan ada tiga faktor yang terlibat, yaitu keadaan pita suara, penyentuhan alat ucap, dan cara alat ucap bersentuan. Alat ucap yang bergerak untuk membentukan bunyi bahasa dinamakan articulator; “bibir bawa, gigi bawa dan lidah”. Sedangkan daerah yang ditentukan dinamakan dengan artikulasi artikulasi adalah bagian; bibir atas, gigi atas langit-langit “keras lunak”. Jadi , Vokal dan konsonan ini yang sering terjadi kesalahan waktu percakapan. Misalnya, kuru”yang dimaksud adalah”Guru”. Pengucapan kata “kuru”dipengaruhi oleh bahasa daerah.

Bahasa adalah alat komunikasi yang utama dari semua ilmu sosial. Mengapa biasa dikatakan ilmu social? karena bahasa digunakan manusia. Bahasa juga merupakan alat komunikasi yang berupa system lambang bunyi yang dihasilkan alat oleh alat ucap manusia. Maka dimanapun kita berada mulai dengan berkomunikasi dalam bentuk kata-kata.

Dalam komunikasi banyak kesalahan dialek, masalah intonasi, Kecepatan ucapan yang tidak mengikuti tanda baca seperti titik, koma dan lain-lain. Misalnya, intonasi dan kecepatannya yang salah. Pada Mata kuliah Pengkajian dan Apresiasi Puisi, dosen menyuruh saya untuk mempersentasi puisi karya sendiri di depan mahasiswa Sastra Bahasa Indonesa dan Daerah “di Universitas Sanata Dharama Yogyakarta tahun 2013. Puisi tersebut judulnya adalah Perjuangan Meraih Mimpi”. Ketika itu, saya membacakan puisi intonasinya melantang dan cepat sehingga audience tidak memahami puisi yang saya bacakan. Sehingga teman-teman dan dosen memberikan saran-saran untuk penyempurnaan puisi tersebut. Saya tidak putus asa, tetap mencoba berulang-ulang sampai bisa, bahkan karya saya layak untuk digunakan dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia. Dari pengalaman ini menantang saya untuk harus berbergaul dengan teman-teman di lingkungan kampus Universitas Sanata Dharma, khususnya mahasiswa bidang Bahasa dan Sastra Indonesia. Dengan ini tentu akan belajar bagaimana cara berbahasa yang benar dan santun.

Sumber:

Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta

Dola, Abdullah. 2011. Linguistik Khusus Bahasa Indonesia. Makassar : Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar

http://definisimu.blogspot.co.id/2012/10/definisi-bahasa.html

 

Share
 


Copyright by KOMAPO.