Home KESEHATAN PENGUMUMAN PEMBENTUKAN KELOMPOK DISKUSI
PEMBENTUKAN KELOMPOK DISKUSI
Thursday, 22 May 2014 20:50

A. Latar Belakang Diskusi Kelompok

Dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam keluarga maupun masyarakat, setiap orang dihadapkan kepada masalah-masalah yang menuntut adanya pengambilan keputusan. Suatu ketika setiap orang tentu akan mengetahui bahwa ada begitu banyak persoalan dalam lingkungan sosialnya yang tidak dapat diselesaikan secara individu. Oleh karena itu dibutuhkan penilaian dan dialog dari pribadi-pribadi lainnya berkaitan dengan persoalan yang dihadapinya. Proses pemecahan masalah itulah yang kita kenal dengan diskusi.

Suatu proses pembelajaran mempunyai banyak tujuan yang ingin dicapai. Tujuan tersebut tidak terbatas pada pengetahuan saja, melainkan juga pembentukan keterampiIan dan sikap. Oleh sebab itu proses pembelajaran  menuntut adanya model pembelajaran yang dapat melibatkan potensi seseorang secara optimal, yaitu suatu model pembelajaran yang menekankan penggunaan metode diskusi kelompak dalarn pelaksanaanya. Kegiatan diskusi  memungkinkan anggota KOMAPO untuk menguasai konsep-konsep materi untuk memecahkan suatu masalah melalui proses berpikir kritis, percaya diri, berani berpendapat secara kritis dan positif serta mampu berinteraksi dengan teman dan lingkungan sosialnya.Dalam diskusi ini menjadi guru yang baik dan memiliki fungsi sebagai fasilitator, motivator serta evaluator dituntut berbagai keterampilan-keterampilan dasar dalam mengajar. Salah satunya adalah keterampilan untuk memimpin diskusi kelompok kecil.

Melihat dan mempertimbangkan sejumlah hal baik potensi akademik maupun diluar akademik ternyata masih ada kekurangan. Sehingga membentuk suatu kelompok diskusi ditingkat korwil agar saling bertukar pikiran baik yang bersifat ilmiah ilmiah maupun non ilmiah. Karena mengingat kondisi dan situasi di daerah sangat rumit bila anggota KOMAPO pada khususnya dan mahasiswa Pegunungan Bintang pada umumnya tidak mempersiapkan diri disini dan sekarang.

Diskusi kelompok ini merupakn metode pendidikan yang sangat praktis untuk mendapatkan pengeahuan dan meningkatkan kreatifita. Disamping itu diskusi merupakan alat untuk menyamakan persepsi atau cara pandang. Diskusi merupakan bentuk “Forum Ilmiah Sesuai Visi dan Misi KOMAPO”.

B. PEMIKIRAN DASAR DISKUSI KELOMPOK

a. Harus dapat menciptakan suasana yang bersifat akrab antar anggota KOMAPO dalam diskusi kelompok.

b. Perlu mengenal karakter, perilaku dan watak setiap individu agar dapat menghindari hal-hal yang tidak perlu. Sehingga aktivitas kelompok diskusi berjalan lancar.

C. TUJUAN DISKUSI

1. Untuk mempertemukan dan menyatukan pendapat, pola pikir dan persepsi dari para anggota kelompok dalam rangka pengambilan keputusan

2. Untuk melatih keberanian mengeluarkan pendapat secara sistematis dan logis

3. Belajar menerima dan menghargai pendapat orang lain

4. Untuk mengubah sikap dan perilaku dan membentuk watak menjadi pribadi yang matang

5. Mendapatkan informasi untuk menambah wawasan berpikir

Maka dari itu, semua anggota KOMAPO diwajibkan untuk membentuk kelompok diskusi dan menyampaikan gagasan/ide/persepsi terhadap anggota lain. Agar dan mampu memahami kekurangan dan kelebihan suatu materi yang disampaikan oleh anggota kelompok diskusi yang ditunjuk.

Oleh karena itu, sampai kapanpun Pegunungan Bintang dari sisi kualitas maupun kuantitas sumber daya manusia (SDM) sangat dibutuhkan. Maka bila mau bangun pegunungan Bintang, membangun diskusi banyak ditingkat KOMAPO. Jangan pernah berpikir untuk menjadi seorang pejabat didaerah bila kita tidak mempersiapkan kader melalui kegiatan diskusi.

Sebab kenyataan yang ada dilapangan saling mengejar kekuasaan daripada memperjuangkan pembangunan yang merakyat. Sehingga sebelum orang lain menghargai kita, menghargailah diri sendiri dan jadilah diri sendiri agar kita dikenal banyak orang. Artinya bangunlah dalam diri kita sendiri untuk membangun orang lain. Sebelum pemimpin orang lain harus memimpin diri sendiri terlebih dahulu. Artinya membagikan sesuatu yang kita miliki kepada orang lain sehingga kita dikenal sepanjang masa.

D. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DALAM DISKUSI KELOMPOK

a. Keuntungan Dalam Diskusi Kelompok

1. Anggota kelompok dapat berbagi berbagai informasi dalam menjalani gagasan baru atau memecahkan masalah

2. Dapat meningkatkan pemahaman atas masalah-masalah penting

3. Dapat mengembangkan kemampuan untuk berfikir dan berkomunikasi

4. Dapat meningkatkan ketertiban dalam perencanaan dan pengambilan keputusan

5. Dapat membina semangat kerjasama dan bertanggung jawab.

b. Kekurangan Dalam Diskusi Kelompok

1. Diskusi kelompok memerlukan waktu yang lebih banyak daripada cara dikampus yang biasa.

2. Dapat memboroskan waktu terutama bila terjadi hal-hal yang negatif seperti pengarahan yang kurang tepat,

3. Anggota yang kurang agresif (pendiam, pemalu) sering tidak mendapatkan kesempatan untuk mengemukakan pendapat atau ide-idenya sehingga terjadi frustasi atau penarikan diri dan

4. Adakala hanya didominasi oleh orang-orang tertentu saja.

E. PEMBAGIAN KELOMPOK DISKUSI

a. Pemerintahan

1. Strategi dan pembangunan Masyarakat Desa

2. Administrasi Negara

3. Semua yang berhubungan dengan urusan pemerintahan

b. Teknik

1. Pertambangan

2. Informatika

3. Elektro

4. Sipil

5. Semua yang berhubungan dengan urusan teknik

c. Pendidikan (Guru, semua bidang)

d. Sejarah (Papua-Indonesia)

1. Murni

2. Pendidikan

3. Antropologi

e. Kesehatan

f. Sosial

g. Umum

h. Bidang lain sesuaikan.

F. WAKTU DISKUSI DIATUR BPH DAN ANGGOTA KORWIL KOMAPO

1. Waktu diskusi kelompok ini sifatnya rutin. Maka tetapkan hari, tanggal, waktu dan tempat diskusi ditentukan oleh BPH & Anggota korwil KOMAPO (IKPM DIY, Salo, Semarang, Jabodetabek, Jawa Timur Dan Sulawesi).

2. Tata cara & aturan main dalam diskusi juga diatur seperti (point 1)

3. Setiap hasil diskusi diharapkan dikirm ke admin webkomapo untuk dimuat

G. BENTUK DISKUSI

4. Jumlah Anggota KOMAPO Masing-Masing Korwil

5. Pembentukannya : Formal dan Informal

6. Tujuan:Terapi anggota (proses diskusi) dan Pemecahan masalah (hasil diskusi)

7. Waktu : Reguler & Marathon

8. Masalah : sederhana dan kompleks

9. Aktivitas : Terpusat Pada Pemimpin dan Demokratis

H. PENUTUP

Hal-hal yang belum tertuliskan dalam pembentukan kelompok ini akan dibuat berdasarkan kesepakatan bersama. Kemudian hal-hal atau point-point/ kalimat yang kurang akan dijelaskan oleh BPS Sekjend KOMAPO.

Yogyakarta, 20 Mei 2014

 

Mengetahui

 

 

 


Isak KalkaBPJS KOMAPO


Catatan :

*Harap bekerjasma antara kelompok diskusi, Pengarah, BPH Korwil, administrator komaponews, BPS sekjend KOMAPO & Pembina*

 

Share
 


Copyright by KOMAPO.