Home BERITA LOKAL BERITA LOKAL ORGENES DEAL; DATANG DARI DAERAH TERPENCIL PULANG MEMBAWA ILMU
ORGENES DEAL; DATANG DARI DAERAH TERPENCIL PULANG MEMBAWA ILMU

Yogyakarta-Komnews, Itulah sekiranya kata bijak yang tepat untuk menyatakan syukur atas kesuksesan satu anak muda hebat dari daerah terpencil di Pegunungan Bintang yang berhasil melewati tantangan hidup dari kampung halamannya negri nanjauh ufuk timur Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa(STPMD) Yogyakarta, Jumat (20-10/2017). Dia adalah Orgenes Deal, mahasiswa yang selalu rendah hati tetapi memiliki komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan pendidikan tinggi di Jawa. Mahasiswa tersebut berasal dari Kampung Souple Distrik Batani Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua. Dia menempuh pendidikan di APMD jurusan Ilmu Sosiatri/Pembangunan Sosial Masyarakat Desa pada tahun 2012 dan menyelesaikan pendidikan di penghujung tahun 2017.

Sebelum ke jenjang perguruan tinggi mahasiswa tersebut mempunyai perjalanan pendidikan yang berliku-liku. Orgenes Deal menyelesaikan pendidikan tingkat dasar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Taramlu (2005), menyelesaikan Sekolah Menengah Pertama YPPGI Yahim Sentani (2009) dan Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Sentani Timur (2012).

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar hingga tingkat menengah atas di Papua, Orgenes Deal bersama empat teman lainya dikirim Kepala Distrik Batani, Yamus Kulka dan Wakil Bupati Pegunungan Bintang Decky Deal., S.IP yang waktu itu masih berstatus kerja swasta. Anak-anak tersebut adalah Isay Meku, S.SOS, Seri Kulka, S.SOS, Orgenes Deal, S.SOS, Peus Urwan dan Yapinus Lepi.

Anak-anak dikirim atas inisiatif sendiri dengan mempertimbangkan kondisi SDM wilayah Kirime Kabupaten Pegunungan Bintang yang sangat minim dibanding daerah-daerah lainnya di Pegunungan Bintang. Untuk keberangkatan lima anak ini pihaknya bekerja sama dengan mantan Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang, Welington Lod Wenda. M.Si).

Orgenes Deal yang berasal dari daerah yang terpencil ini dengan percaya diri mengangkat topik penelitian berjudul Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kelompok Tani di Dusun Plumbon, Desa Banguntapan, kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mengangkat topik ini semata-mata untuk menambah bekal pengetahun dan ketrampilan untuk bidang pemberdayaan masyarakat yang kelaknya ingin diterapkan di Pegunungan Bintang, khususnya untuk kampung halamannya.

Melalui media ini Orgenes mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang membantunya, antara lain;

1) Bapak Alm. Yorius Deal dan Ibunda alm. Elisana Lepi, yang mana telah mengandung dan membesarkan saya. Semoga dihari kebahagian saya juga menjadi kebahagian Bapak dan Ibunda di alam baka.

2) Saya mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada Bapak Manyes Deal dan Nelson Deal sebagai orang tua yang membiayai studi, Basten Lepi sebagai kepala desa kampung Souple dan Ibu Anike Alwolka sebagai kepala distrik Batani. Semoga dalam pengabdiannya berlancar dan Tuhan Yesus selalu menyertai Bapak/Ibu sekalian.

3) Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pegunungan Bintang dan KOMAPO. Terimakasih atas bantuannya berupa materi dan moril. Tuhan Yesus Memberkati

4) Saya mengucapkan terimakasih khusus kepada rekan-rekan seperjuangan : Agustinus Uropka., S.Pd, Timotius Lepki., S.IP, Isay Meku., S.SOS, Seri Kulka., S.SOS, Obeth Lepitalen., S.Pd, Eling Urwan., S.Pd, Peus Urwan., Yapinus Lepi Terosia Payumka dan Isak Kalka., Amd. AK serta teman-teman seperjuangan lain yang tidak bisa sebutkan namanya. Terimakasih atas dukungan berupa moril maupun materil.

Penulis : Isak Kalka

Share
 


Copyright by KOMAPO.