Home BERITA INTERNASIONAL INTERNASIONAL DIHARAPKAN DALAM SIDANG PARLEMEN PNG MEMBAHAS MASALAH HAMBATAN JALAN
DIHARAPKAN DALAM SIDANG PARLEMEN PNG MEMBAHAS MASALAH HAMBATAN JALAN

PNG-Komnews, Parlemen PNG diharapkan agar mempertimbangkan Peraturan Daerah ( PERDA) baru tentang hambatan jalan raya sebagai kriminalisasi ekonomi bagi wilayah pegunungan Papua New Guinea.

Akses jalan darat wilayah pegunungan-PNG merupakan akses kehidupan ekonomi bagi Negara PNG, namun seiring hambatan yang masih banyak terjadi sehingga menjadi ancaman bagi pertumbuhan ekonomi.

Diberiakn Radio New Zealand, Rabu (08/01/17) parlemen PNG akan mengadakan sidang anggaran pekan depan dan diharapkan agar wakil rakyat menyikapi persoalan ini dan sekaligus membuat perda terkait hambatan dan kriminalisasi jalan raya di wilayah pegunungan, baik jalan raya kabupaten maupun provinsi.

Untuk menyikapi persoalan ini, perdana menteri O, Neill mengatakan akibat terhambatnya pertumbuhan ekonomi dikarenakan jalan raya di pegunungan banyak yang longsor dan penyumbatan , ada juga kesengajaan warga akibat tidak membayar hak ulayat tanah sehingga pemerintah dan pebisnis merendahkan diri dan mulai mengambil langkah selanjutnya.

Masalah ini merupakan tugas dan tanggungjawab Dinas Pekerjaan Umum ( PU) provinsi, meskipun ada kendala anggaran beberapa waktu” ujar O, Neill dalam sebuah media lokal.

Pemerintah PNG berharap sidang anggota parlemen pekan depan perlu memahami kondisi ini dan membuat perda untuk memanilisir hambatan jalan raya di PNG wilayah pegunungan. (Bryan S. Urwan / Radio New Zealand)

Share
 


Copyright by KOMAPO.