Home BERITA INTERNASIONAL INTERNASIONAL DONALD TRUMP DIUNDANG BARAK OBAMA TEH BARENG MENJELANG PELANTIKAN
DONALD TRUMP DIUNDANG BARAK OBAMA TEH BARENG MENJELANG PELANTIKAN

Washington-Komnews, Barack Obama dan Michelle Obama menyambut Donald dan Melania Trump di Gedung Putih menjelang pelantikan presiden terpilih AS. Direncanakan keluarga Obama akan diterbangkan dari Gedung Putih dengan helikopter dari pangkalan angkatan udara AS, St Andrews.

Dilansir The Telegraph, Sabtu (14-01/2017), Obama akan mengucapkan salam perpisahan kepada segenap staf Gedung Putih sebelum mengambil Air Force One untuk terakhir kalinya. Obama berniat tetap tinggal di Washington hingga putrinya Sasha selesai SMA.

Peninggalan catatan presiden sebelum meninggalkan Gedung Putih merupakan sebuah tradisi kenegaraan yang terus diwarisi turun temurun. Hal ini pernah dilakukan presiden terdahulu yakni Ronald Reagan meninggalkan catatan kepada George W Bush dengan catatannya “scribbled "don't let the turkeys get you down". Inti dari catatan ini berisi tentang “Keberhasilannya adalah keberhasilan Negaranya bukan milik personal”.

Panduan tentang bagaimana presiden keluar dari Gedung Putih maupun pelantikan presiden AS baru terdapat dalam buku "Handbook of Official and Social Etiquette and Public Ceremonies” yang ditulis George Washington tahun 1889.

Lebih lanjut, dikatakan sebelum Barack Obama berangkat ke gedung putih akan dilaksanakan upacara dan kemungkinan besar mantan presiden Amerika George W. Bush akan menghadiri pelantikan presiden dan diundang semua mantan presiden yang masih hidup untuk menghadiri pelantikan presiden AS terpilih-Donald Trump di Gedung Putih. (The Telegraph/Bryan Urwan).

Share
 


Copyright by KOMAPO.